Hendropriyono Tegaskan Tak Ada Lagi Disintegrasi di KONI DKI

Hendropriyono Tegaskan Tak Ada Lagi Disintegrasi di KONI DKI

Jendral TNI (purn) Prof. Dr. AM. Hendropriyono menegaskan olahraga sebagai alat pemersatu tidak boleh dipecah-belah oleh perang kepentingan. “Perang di olahraga seharusnya bermuara pada persatuan. Sementara perang membawa senjata adalah kehancuran,” ujar Hendro saat memberi sambutan dalam Pelantikan Pengurus Komite Nasional Olahraga Indonesia (KONI) DKI Jakarta, Selasa (20/6/2017) di Balai Agung, Balai Kota Jakarta.

 

Mantan Kepala BIN itu bahkan mengutip peribahasa “rawe-rawe rantas malang-malang putung” yang kurang lebih artinya “segala sesuatu yang merintangi maksud dan tujuan harus disingkirkan!”.

 

“Kalau ada yang menghambat kepengurusan ini, ayo kita bersatu gulung beramai-ramai, rawe-rawe rantas malang-malang putung,” tegas Hendro disambut tepuk tangan hadirin.

 

Ketua Umum PKPI itu juga mengingatkan kepada pejabat di pemerintah provinsi DKI untuk tidak main-main dengan anggaran olahraga serta berani mengatakan tidak kepada pihak-pihak luar yang tidak memiliki otoritas. “Kita harus jujur. Tidak ada lagi tempat untuk bermain-main dengan anggaran. Ini semua untuk olahraga,” imbuhnya.

 

Sebelumnya, Hendro diminta oleh Ketua Umum KONI Pusat Mayjen TNI (purn) Tono Suratman, untuk maju ke podium memberikan sambutan sebagai penasehat. “Saya ingin Pak Hendro, senior saya di Kopassus, memberi sambutan setelah saya,” ujar Tono seraya menjemput Hendro yang duduk di deretan paling depan untuk maju ke atas panggung.

 

Dalam sambutannya Tono menyampaikan pesan kepada Ketua Umum KONI DKI Jakarta agar tidak ragu-ragu memecat pengurus yang tidak disiplin di kemudian hari. Menurutnya, masih banyak yang mau mengabdikan diri di KONI.

 

Sementara itu Ketua Umum KONI DKI Jakarta Dody Rahmadi Amar, dalam pidato pelantikannya menyoroti 4 hal yang menjadi concern di awal kepengurusannya yaitu: Anggaran yang cukup, pembebasan retribusi sarana olahraga, Pembangunan venue-venue baru dan Pembentukan tim asistensi pemenangan PON 2020 di Papua.

 

Acara pengukuhan dan pelantikan berlangsung hikmad dan meriah dihadiri tokoh-tokoh nasional meskipun tak dihadiri unsur Muspida dari eksekutif dan legislatif Pemprov DKI. “Kami ucapkan selamat kepada Pak Dody dan kami siap bersinergi,” ujar Ketua Umum PRSIDKI Jakarta, Erwin Eka Kurniawan yang juga hadir bersama pimpinan cabang olah raga lainnya.[bud]