Dipuji, Sikap Negarawan Megawati

Dipuji, Sikap Negarawan Megawati

Fiskal.co.id, Jakarta – Setelah resmi memberi mandat capres kepada Joko Widodo, mantan Presiden RI Megawati Soekarnoputri menuai banyak pujian.


Salah satunya datang dari organisasi nirlaba Negarawan Center yang menyebut Mega sebagai sosok negarawan yang baik. Kerelaannya menyerahkan tongkat kepemimpinan sesuai kehendak rakyat dianggap pantas menjadi contoh sikap negarawan yang patut dicontoh.


“Sikap negarawan Megawati yang memberikan tongkat estafet kepemimpinan kepada tokoh muda Jokowi akan dicatat dalam tinta emas sejarah Indonesia," ujar Presiden Negarawan Center, Johan O Silalahi, Jumat (14/3/2014).


Berdasarkan surat mandat yang ditulis langsung, Mega mengharapkan segenap rakyat Indonesia bisa memberikan dukungan kepada Joko Widodo sebagai capres dari partainya tersebut. Ia merasa keputusan tersebut adalah yang terbaik tidak hanya bagi dirinya, partai dan tentu bagi seluruh rakyat.


Johan menilai banyak ciri negarawan yang baik yang ditunjukan oleh Megawati. Ia memaparkan dulu sewaktu menjadi ibu negara Mega bisa bersikap tegas dan lugas dan kini ketika dihadapkan pada kehendak rakyat ia tetap konsisten mengutamakan kepentingan bersama.


Menurut Johan keputusan tersebut akan semakin lengkap manakala Megawati memberikan restu Jokowi berpasangan dengan kader Golkar Jusuf Kalla.


“Dukungan kepada Jokowi itu nantinya akan genap atau lengkap ketika Megawati merestui pasangan Jokowi dan Jusuf Kalla. Karena duet ini akan menjadi pemimpin Indonesia baru,” ucapnya.


Namun Johan tetap melihat peran Megawati sebagai induk semang tetap diperlukan partainya kelak jika naik tahta. Ia melihat karisma dan kecapakan Mega dapat menjadi masukan berharga bagi pasangan presiden dan wapres yang di usung PDI-P.


“Sejarah akan mencatat, akhirnya bangsa Indonesia mengetahui bagaimana kebesaran jiwa Megawati Soekarnoputri, sosok Ibu bangsa yang lugas sikapnya dan teguh pendiriannya,” pungkas Johan. [mjd]