Dilantik Jadi Dirjen Pajak, Sigit Siapkan Strategi

Dilantik Jadi Dirjen Pajak, Sigit Siapkan Strategi

Terpilih menjadi Direktur Jenderal (Dirjen) Pajak yang baru, Sigit Priadi Pramudito mengaku sudah menyiapkan sejumlah strategi khusus untuk memenuhi target Direktorat Jendral Pajak (DJP) tahun ini. 

 

Ia menjelaskan, beberapa langkah yang akan ia gunakan seperti, perluasan wajib pajak, fokus pada pengembangan teknologi informasi, data, dan menjaring sumber daya manusia yang handal di DJP.

 

Namun sebelum merealisasikan itu semua, Sigit mengatakan akan mengkoordinasikan dan menata internal DJP terlebih dahulu agar lebih kompak dan siap tempur. "Tapi yang pertama saya akan lakukan adalah koordinasi internal dulu," kata Sigit setelah dilantik sebagai Direktur Jenderal Pajak di kantor Kementerian Keuangan, Jakarta, Jumat, 6 Februari 2015.

 

Sigit bertekad akan berusaha semaksimal mungkin memenuhi target pajak presiden Joko Widodo sebesar Rp. 1400 triliun. Ia juga meminta semua pihak terkait membantunya untuk merealisasikan hal tersebut. "Insya Allah itu sudah menjadi tekad kami, membantu presiden," tegasnya. 

 

Ditanya mengenai teknik apakah yang ia pakai agar para wajib pajak mau membayar pajaknya dengan baik, Sigit menjelaskan akan melakukan teknik pendekatan persuasif terlebih dahulu. Namun jika cara ini tidak berhasil, ia pun tak akan segan-segan melakukan tidakan keras seperti gizeljing dan pelelangan. 

 

"Saya yakin kalau semua orang kita imbau pasti mau membantu. Kalau tetap tidak bisa, ya sudah, pakai cara terakhir, yang kasar, walau saya juga tidak suka. Biar wajib pajak yang mengemplang pajak juga takut dan segera melunasi pajak " pungkasnya. *** kinaya (tempo)