Desember, Jakarta Naikkan Pajak Progresif Kendaraan

Desember, Jakarta Naikkan Pajak Progresif Kendaraan

Bagi para pemilik kendaraan di DKI Jakarta, harus bersiap-siap mengeluarkan uang lebih terutama bagi yang memiliki kendaraan roda dua maupun roda empat lebih dari satu. Pasalnya, pemerintah DKI Jakarta dalam waktu dekat benar-benar menaikkan pajak progresif bagi kendaraan bermotor.

 

Kepala Dinas Pelayanan Pajak DKI Jakarta, Iwan Setiawandi mengatakan, saat ini surat persetujuan Kementerian Dalam Negeri (Kemdagri) untuk menaikkan pajak kendaraan bermotor di Jakarta telah turun. Dan rencananya bulan Desember mendatang kenaikan pajak progresif ini akan diterapkan. 

 

"Persetujuan Kemdagri sudah kami peroleh akhir Oktober lalu," tandas Kepala Dinas Pelayanan Pajak DKI Jakarta, Iwan Setiawandi Rabu (12/11/2014).

 

Aturan kenaikan pajak progresif ini berlaku bagi semua anggota keluarga meskipun tinggal di alamat yang sama dan masih dalam satu keluarga. "Walau beda nama, jika ada di satu kartu keluarga, tetap kena," kata Iwan.

 

Sebelumnya, kenaikan pajak progresif ini direncanakan pada bulan Oktober kemarin, namun sayangnya surat keputusan dari menteri dalam negeri belum turun sehingga kebijakan tersebut harus ditunda. Kenaikan pajak progresif kendaraan bermotor ini rencananya akan digunakan Pemda DKI Jakarta untuk mengurangi kemacetan lalu lintas ibu kota serta menggenjot pendapatan pajak daerah.

 

"Potensinya besar, dari target pajak kendaraan bermotor sebelumnya Rp 5 triliun, tarif baru bisa naik jadi Rp 7 triliun," pungkas Iwan. *** kinaya (kompas)