Dengar Sanksi Iran Mau Dicabut, Pasar Asia Bergairah

Dengar Sanksi Iran Mau Dicabut, Pasar Asia Bergairah

Saham di Tokyo dan Shanghai naik tipis dalam perdagangan saat Jumat Paskah (03/04) secara global, saat para investor bereaksi positif pada kesepakatan tentatif program nuklir Iran, ditambah kenaikan penyerapan tenaga kerja di AS.

Indeks Nikkei 225 naik 0,42% saat reses, sementara Shanghai Composite naik 0,52%.

Perdagangan berlangsung tipis pada hari libur paskah di banyak pasar, termasuk Amerika Serikat. Saham asal AS juga naik lebih tinggi setelah penutupan pada Kamis (03/04), karena keuntungan di Telecoms, saham layanan konsumen dan sektor barang konsumsi juga ikut naik.

Pada penutupan Dow Jones di New York, Industrial Average naik 0,37%, sementara indeks S & P 500 naik 0,35%, dan indeks komposit NASDAQ naik 0,14%.

Sanksi ekonomi dan keuangan pada Iran diyakini akan diangkat perlahan lahan, dalam langkah-demi-langkah tergantung pada bagaimana kerjasama Iran dengan inspektur dari Badan Energi Atom Internasional.

Akan halnya
sanksi pertama yang akan diangkat adalah yang telah membatasi Perbankan Iran, sanksi tersebut bisa langsung dihapus sebagaimana indikasi langsung dari pertemuan pertama.

"Uni Eropa akan menghentikan pelaksanaan semua sanksi ekonomi dan keuangan, dan AS akan menghentikan penerapan semua sanksi ekonomi dan keuangan," jelas Wakil Presiden Uni Eropa Federica Mogherini pada konferensi pers bersama dengan Iran (02/04).

Investor juga terfokus pada kenaikan bursa pekerjaan AS yang diperkirakan akan menunjukkan kenaikan dari 245.000 pekerjaan pada Maret, setelah meningkat 295.000 pada bulan Februari.

CAD juga ikut menyempit sebesar 16,9% pada bulan Februari untuk, level terendah sejak 2009.***Red (Nasdaq)