Delegasi AL Indonesia, Intip Dapur Sekolah Komando Kapal Selam China

Delegasi AL Indonesia, Intip Dapur Sekolah Komando Kapal Selam China

Di sela-sela berlangsungnya West Pacific Naval Symposium di kota timur China Qingdao, Angkatan Laut Tentara Pembebasan Rakyat China (PLA) telah mengatur sejumlah program pertukaran dengan delegasi angkatan laut asing, salah satu di antaranya dari Indonesia.

Mereka berharap ada pertukaran pengetahuan untuk memperluas pemahaman dan saling kerja sama dengan angkatan laut di wilayah Pasific dan Hindia  dan membangun citra yang baik di panggung dunia. Sebagaimana yang dilansir dari TV lokal CCTV, delegasi dari Indonesia mendapat kesempatan untuk mengunjungi salah satu lembaga kunci PLA, yakni sekolah komando Kapal Selam AL PLA, yang dalam sejarahnya telah melatih sekitar 100.000 pelaut dan perwira komandan untuk mengisi kekuatan kapal selam China .

Delegasi Indonesia berkesempatan mengunjungi tempat digeblengnya para komandan tempur yang mengisi post kapal selam China. PLA Navy Academy Submarine ini juga menerima pertukaran dan kunjungan taruna dan kadet dari Akademi Angkatan Laut Indonesia.

Laksamana Zhi Tianlong, presiden PLA Navy Submarine Academy, menjelaskan, "pertukaran ini sangat membantu untuk memperluas visi siswa dan meningkatkan persahabatan kami."

Akademi ini merupakan salah satu institusi militer yang telah membuka dan menerima cukup banyak delegasi asing. Tapi khusus untuk mahasiswa Indonesia, ini adalah pengalaman pertama mereka mendapatkan begitu dekat dengan fasilitas pelatihan Cina. Delegasi Indonesia mengatakan sudah sangat terkesan.

Danu Umbara, salah seorang  Kadet Akademi Angkatan Laut Indonesia, mengatakan, "Tempatnya besar, karena di Indonesia, tidak ada akademi kapal selam seperti ini."

Andaru On  juga salah seorang kadet bicara, "Orang-orangnya sangat baik, dan semua fasilitasnya sangat baik di sini,"  ujarnya.

Cabin untuk ruang pelatihan, ruang hiper tekanan oksigen, dan laboratorium manuver kapal selam, sebelumnya menjadi rahasia dapur dari sistem pelatihan kapal selam Cina. Karena pelaut dan perwira komandan kapal selam telah melalui tes di dalam simulasi ini sebelum diperbolehkan melaut.

Selama beberapa dekade terakhir, pasukan kapal selam China telah membuat kemajuan luar biasa melalui perbaikan teknologi dalam pelatihan over- jarak jauh dan kemampuan tempur.

Banyak mahasiswa Indonesia menyatakan kesediaan mereka untuk belajar di sini satu hari, dan belajar dari para perwira Cina. Sementara mahasiswa Cina mengatakan mereka juga berharap untuk mengunjungi fasilitas militer Indonesia di masa depan.

Qu Bingchen, kadet dari PLA Navy Academy Submarine, Qingdao, mengatakan, "Saya pikir bagus bahwa kita mendapatkan  teman dan mengembangkan persahabatan antara dua angkatan laut kita."

Kepala delegasi, Komandan Bambang, memuji keterbukaan PLA, dan berharap bahwa suatu hari, taruna asal Indonesia bisa datang kembali sebagai komandan perwira dari Angkatan Laut Indonesia.***Fey (sumber CCTV)