Cyber Crime, Maskapai Polandia Di Bobol Hacker

Cyber Crime, Maskapai Polandia Di Bobol Hacker

Kejahatan dunia maya (cyber crime) dari hari ke hari semakin hari menakutkan. Seorang Hacker berhasil menyerang komputer penerbangan milik maskapai Polandia, LOT. Akibatnya sebanyak 1.400 penumpang maskapai tersebut gagal terbang pada Minggu, 21/6/2015.

 

Juru bicara LOT Adrian Kubicki mengungkapkan, Sistem komputer LOT diretas pada sore hari dan diperbaiki sekitar lima jam kemudian. Namun, untuk menghindari hal yang tidak dinginkan, beberapa penerbangan dibatalkan hingga keesokan harinya. 

 

Andrian menambahkan, serangan tersebut hanya bersifat lokal saja tidak sampai masuk dan membobol sistem keamanan penerbangan LOT. Tak hanya itu, penerbangan LOT tujuan Warsawa pun masih bisa mendarat dengan aman. Begitu juga pesawat LOT di Bandara lainnya juga sama sekali tidak terkena dampaknya, sambung dia.

 

"Kami menggunakan sistem komputer tercanggih karena serangan ini bisa berpotensi menjadi ancaman terhadap sistem komputer lain dalam industri ini," kata Kubicki

 

Sebelumnya, pada pertengahan bulan Mei lalu, sorang ahli keamanan komputer dari perusahaan One World Labs yang berbasis di Denver, AS. Bernama Chris Roberts, juga mengaku berhasil meretas sistem komputer pesawat melalui sistem IFE ( in-flight entertainment ), dan membuat pesawat terbang menyamping dan keluar dari jalur. 

 

Karena pengakuannya tersebut, Roberts pun ditahan oleh FBI beberapa hari. Tak hanya menahan, FBI juga menyita komputer, hard disk, dan gadget lain milik Roberts sebagai barang bukti. *** kny (reuters, independent)