Cup cup... Menkeu Curhat, Dua Hari Pelototi Sistem Pajak

Cup cup... Menkeu Curhat, Dua Hari Pelototi Sistem Pajak

Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro, dalam sebuah pertemuan ekonomi bertajuk Tempo Tempo Economic Briefing, curhat perihal kesibukannya melototi pajak selama dua hari terakhir ini. Bambang datang terlambat keacara tersebut sekitar 30 menit saat diskusi dengan para menteri lain telah memulai diskusi. 

 

"Dari pagi saya fokus rapat di Direktorat Jenderal Pajak karena ini sangat menentukan bagus tidaknya APBN 2015 yang sekarang ada di penerimaan pajak," tegas dia di Jakarta, Rabu (10/12/2014).

 

Bambang mengatakan, sektor pajak saat ini menjadi tulang punggung Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) jadi dirinya harus benar-benar bekerja secara optimal.

 

"Sibuk dua hari ini memelototi pajak karena sudah saatnya tingkat kepatuhan pajak harus diperbaiki. Itulah asal muasal penerimaan pajak kita selalu dianggap di bawah potensinya. Maka dari itu, penerimaan pajak menentukan performnace 2015," paparnya.

 

Bambang menceritakan, dirinya perlu mengamati sistem informasi perpajakan secara teliti karena urusan pajak itu sangat detail. Apalagi tahun depan target pajak dinaikkan dan penerimaan negara pun sangat bergantung padanya. 

 

Meskipun pemerintah telah menyesuaikan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi November lalu. Lanjut Bambang, namun keadaan fiskal masih perlu di awasi. Meskipun dirinya juga mengakui, dengan kebijakan kenaikan BBM ini, masalah belanja sudah sedikit teratasi sehingga pemerintah mempunyai ruang fiskal lebih besar untuk mengalihkan subsidi ke sektor produktif. *** kinaya (liputan 6)