Coca-Cola Lakukan PHK Besar di Seluruh Dunia

Coca-Cola Lakukan PHK Besar di Seluruh Dunia

Perusahaan raksasa minuman bersoda Coca-Cola company, awal tahun 2015 ini akan melakukan pemangkasan jumlah pekerja mereka di seluruh dunia terutama di wilayah Amerika Utara. Rencananya pemangaksan pekerja ini akan diberlakukan bagi 1.600-1.800 pegawainya sebagai upaya penghematan.

 

Mengutip laman CNBC , Jumat (9/1/2015), saham Coca-Cola naik sekitar satu persen pada perdagangan kemarin setelah pengumuman tersebut dilontarkan. 

 

"Langkah PHK pada para pegawai ini dilakukan sebagai inisiatif untuk mendesain ulang model operasi perusahaan menjadi streamline dan menyederhanakan struktur perusahaan," ungkap pihak manajemen Coca-Cola melalui pernyataan tertulisnya.

 

Dengan pemutusan hubungan kerja ini, diperkirakan Coca-Cola mampu melakukan penghematan sebesar US$ 3 Miliar. Dengan jumlah pegawai mencapai 130.600 karyawan di seluruh dunia pada akhir 2013.

 

"Kami berkomitmen untuk melakukan langkah ini dengan adil dan memberikan perlakukan yang terbaik bagi para pegawai yang kami yang harus mengalami proses pahit ini. Seperti yang telah kami akui sebelumnya, pekerjaan desain ulang ini akan mengakibatkan dampak terhadap pekerjaan di seluruh operasi global kami," ungkap juru bicara Coca-Cola dalam pesan surat elektronik yang dikutip AFP .

 

Pemangkasan jumlah pegawai Coca-Cola ini, disebut-sebut berkaitan erat dengan penurunan penjualan Coca-Cola selama beberapa tahun terakhir, terkait banyaknya rumor dan kabar yang beredar mengenai bahaya minuman bersoda dan berkarbonasi yang mengakibatakan obesitas dan berbagai jenis penyakit berbahaya lainya. *** kinaya (antara,kompas)