China Antisipasi Kehadiran Jokowi pada Acara APEC

China Antisipasi Kehadiran Jokowi pada Acara APEC

China mengeluarkan pernyataan resmi bahwa mereka berharap banyak dan menyambut kedatangan Presiden Indonesia yang baru Joko Widodo dalam acara Kerjasama Ekonomi Asia-Pasifik (APEC) bulan depan di Beijing, sebagaimana dilansir Hua Chunying, juru bicara Kementerian Luar Negeri China, Selasa (21/10).

Komentar itu diungkapkan Hua Chunying dalam jumpa pers mewakili utusan presiden Cina Yan Junqi untuk menghadiri pelantikan Jokowi, Senin (20/10).

Yan, sendiri adalah wakil ketua dari Komite Tetap Kongres Rakyat Nasional, badan legislatif tertinggi China, datang khusus untuk menyampaikan salam dari Presiden Xi Jinping untuk Jokowi, dan bertukar pandangan dengan para pemimpin Indonesia pada pengembangan hubungan bilateral.

Memperhatikan kekuatan dan prospek positif dari hubungan China-Indonesia, juru bicara mengatakan bahwa peningkatan hubungan kedua negara telah telah diselenggarakan secara strategis selama kunjungan Xi ke Indonesia pada tahun lalu.

Cina telah menjadi mitra dagang terbesar di Indonesia, dan Indonesia merupakan tujuan terbesar kedua untuk investasi China di ASEAN.***Fy (sumber CNTV)