Bea-Cukai Sumbang 30% Pendapatan Pajak

Bea-Cukai Sumbang 30% Pendapatan Pajak

Direktorat Jenderal Bea Cukai (DJBC) Kementerian Keuangan menyumbang penerimaan negara sebesar Rp180,4 triliun atau 92,5 persen dari target Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara- Perubahan (APBN-P) 2015, yakni sebesar Rp195 triliun. 

 

Dan secara secara keseluruhan DJBC telah berhasil memperoleh total penerimaan sebesar Rp387,9 triliun. Jumlah ini terdiri dari kepabeanan dan cukai sebesar Rp180,4 triliun, pajak dalam rangka impor (PDRI) dan Pajak Pertambahan Nilai Hasil Tembakau sebesar Rp193,6 triliun serta pajak rokok dari pemerintah daerah sebesar Rp13,9 triliun.

 

" total penerimaan yang dipungut oleh DJBC adalah Rp387,6 triliun atau 30,3 persen dari realisasi penerimaan perpajakan sebesar Rp1.235,8 triliun," ujar Direktur Jenderal Bea dan Cukai, Heru Pambudi, dalam Konferensi Pers Kinerja Bea dan Cukai sepanjang tahun 2015, di Jakarta, Jumat (8/1/2016).

 

Jumlah raihan pendapatan pada sektor kepabeanan ini meningkat cukup baik jika dibanding capaian tahun lalu yang hanya mencapai Rp162,2 triliun.Selama lima tahun terakhir, rata-rata peningkatan realisasi DJBC sebesar 8,3 persen di setiap tahunnya. 

 

"Sementara, tahun 2015 ini penerimaan DJBC meningkat 10,9 persen dibandingkan tahun 2014. Ini merupakan hasil yang positif," ucap Heru.

 

Peningkatan ini disebabkan oleh sejumlah faktor salah satunya pelemahan ekonomi global. Pelemahan ekonomi global .engakibatkan terjadinya penurunan devisa impor sebesar 22,8 persen. Sehingga penerimaan bea masuk hanya menurun tiga persen atau Rp1 triliun dibandingkan tahun lalu.

 

"Tingkat penurunan penerimaan Bea Masuk yang jauh lebih rendah dibandingkan penurunan devisa impor dikarenakan adanya peningkatan upaya optimalisasi pemungutan bea masuk melalui kegiatan intensifikasi pembeaan." 

 

" Intensifikasi pembeaan tersebut yaitu Nota Pembetulan (Notul), Penelitian Ulang (Penul) dan audit. Kegiatan tersebut menghasilkan penerimaan bea masuk sebesar Rp1,9 triliun," imbuh Heru. *** kny (oke, harian terbit)