Aplikasi Astro Finance Dalam Memantau Pergerakan Bursa Saham

Aplikasi Astro Finance Dalam Memantau Pergerakan Bursa Saham

Sebelumnya pada artikel pertama kami telah memberi pengantar tentang apa itu Astro Finance dan manfaatnya bagi investasi pasar modal. Kini mari beranjak lebih jauh menggunakan analisis Astro Finance secara aplikatif.

 

Astro Finance dibagi menjadi dua bagian besar. Pertama adalah aplikasinya pada semua jenis sekuritas/ saham yang memiliki tanggal berdiri perusahaan. Contohnya adalah index saham suatu negara, dan saham perusahaan yang sudah publicly traded, dimana setiap perusahaan pasti memiliki tanggal pendirian di akta. Secara praktis dan aplikatif, tanggal tersebut merupakan tanggal lahir perusahaan yang diakui oleh otoritas, dalam hal ini yang berlaku untuk  Republik Indonesia adalah SK Menteri  Hukum dan HAM.

 

Sedangkan yang kedua, adalah aplikasi AstroFinance terhadap instrument komoditi yang tidak memiliki tanggal pendirian. Contohnya dalam hal ini adalah komoditas seperti Gold (emas), Oil (Minyak), Silver, Soybean dan lain sebagainya.  Metoda peramalan yang digunakan untuk komoditas adalah berdasarkan “Synodic Cycles”.

 

Sebagai contoh, kami akan coba memaparkan aplikasinya pada index Jakarta Stock Exchange.

 

Konsep dasar awal yang perlu diketahui adalah perbedaan antara Transit, Secondary Progression, Minor Progression dan Solar Arc dalam Astrologi. 

 

Transit adalah pergerakan planet yang mengelilingi natal chart (chart pada saat lahir).

 

Secondary Progression dan Minor Progression menganut pada prinsip a day for a year, dan a month for a year.

 

Sedangkan Solar Arc adalah metode untuk menggerakan planet sesuai dengan kecepatan pergerakan matahari yaitu 1 derajat per tahunnya. 

 

Disebabkan Astrologi juga merupakan ilmu pengetahuan yang menganut proses symbolism melalui planetary system. Maka beberapa symbolism yang harus diketahui adalah planet, zodiac, dan aspect.

 

Planet terdiri dari 14 symbol yang dimulai dari Sun, Moon, Mercury, Venus, Mars, Jupiter, Neptune, North Node, Saturn, Pluto, Ascendant (Asc), Midhaven (Mc), Ic, dan Descendant (Dsc).

 

Sedangkan Zodiac terdiri dari 12 system yaitu Aries, Taurus, Gemini, Cancer, Leo, Virgo, Libra, Scorpio, Sagittarius, Capricorn, Aquarius, dan Pisces.

 

Aspect dasar yang paling utama terdiri dari Conjunction (00), Trine (1200), Square (900), Opposition (1800), dan Sextile (600). Secara umum system tersebut diatas ditunjukkan pada gambar 1 dan 2.

 

astro chart

Gambar 1

 

 

astro aplikasi finance

Gambar 2

 

Familiaritas dengan system tersebut diatas adalah sangat penting guna mengetahui dan menterjemahkan volatilitas yang ada pada pasar modal (forex, komoditas, dan equity) dengan benar agar nantinya forecast yang dibuat dapat secara konsisten dan reliable.

 

 

Gambar 3

 

Seperti dapat dilihat pada chart gambar 3 pergerakan bursa periode Januari – Mei 2015 terlihat bahwa Minor progressed Ascendant Trine Neptune berhasil mengangkat index sebesar 450 point dari January sampai pertengahan Maret 2015. Pergerakan upside tersebut akhirnya dihentikan oleh Mars Square Uranus, Square Venus dan Mc opposition Ascendant pada pertengahan Maret. Mc trine Sun berhasil mengangkat index kembali dan menghentikan downward pressure pada awal april. Kombinasi antara Ascendant opposition Saturn dan Mc opposition Moon akhirnya berhasil menghempaskan index sebesar +/- 500 point di akhir April/ awal bulan May 2015.

 

Bagus Panuntun MBA, CFP, CPEP

masbagusp@gmail.com – ZodiakKeuangan.com