APINDO Harap Penguatan Rupiah Tak Tembus 10.000 per USD

APINDO Harap Penguatan Rupiah Tak Tembus 10.000 per USD

Para pengusaha yang berhimpun dalam Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO) menyambut positif menguatnya nilai tukar rupiah terhadap dolar akhir-akhir ini. Namun di sisi lain mereka berharap kurs per dollar AS tidak sampai menembus Rp 10.000.

 

Ketua APINDO, Sofjan Wanandi, ditemui para jurnalis, di Jakarta (20/02), menengarai bahwa kenaikan rupiah terhadap dollar ini masih fluktuatif. Penguatannya lebih didasarkan pada faktor efek sebelum larangan ekspor mineral mentah melalui UU Minerba, sehingga dari sebelumnya ekspor mengalami peningkatan.

 

“Paling penguatan ini hanya terjadi hingga kuartal I-2014 saja, setelah itu melemah lagi," ungkap Sofjan.

 

Diapun menambahkan  bahwa Otoritas Jasa Keuangan (OJK), harus bisa menjaga kestabilan nilai tukar. Angka nya berada di antara Rp 11.500-Rp 12.000 per US dollar. Alasannya para pengusaha telah memberi patokan kurs. Jika lebih atau kurang akan merepotkan dan merugikan para pengusaha.

 

Sofjan pun menggambarkan bila rupiah terus menerus menguat, sampai nilai Rp10.000 per US dollar, yang akan menderita tentunya para pengusaha ekspor. Dan akhirnya nilai ekspor akan mengalami kerugian.***Fey