Apa Kabar Pajak E-Commerce? Menkominfo: Biarkan Mereka Tumbuh Dulu

Apa Kabar Pajak E-Commerce? Menkominfo: Biarkan Mereka Tumbuh Dulu

Kementerian Informasi dan Telekomunikasi (Kemenkominfo) akan segera mengambil tindakan untuk menangani masalah regulasi situs-situs asing terutama dalam hal perpajakan. 

 

Hal ini diungkapkan langsung oleh Menkominfo Rudiantara. Menurutnya saat ini pemerintah tengah fokus menggodok peraturan perihal e-commerce, agar sama-sama menguntungkan kedua belah pihak. Pasalnya saat ini pangsa pasar e-commerce sedang tumbuh dan sangat sensitif terhadap isu-isu tertentu. 

 

"Kita sedang review, biarkan pasarnya tumbuh dulu baru kita regulasi. Kalau terlalu ketat mereka juga pada kabur. Kalau saya kendorkan kasihan masyarakat karena tidak ada perlindungan," kata Rudiantara usai acara Ultah ke-47 Indosat di Jakarta, Kamis (20/11/2014).

 

Rudiantara mengibaratkan, pasar bisnis e-commerce terutama situs online asing, saat ini seperti sebuah ekosistem ikan, yang mana perlu perlakuan khusus dalam penanganannya.

 

"Ekosistem ini diibaratkan seperti ikan, kalau kita pegang terlalu kencang mati. Tapi, kalau tidak terlalu kencang dia lepas, makanya kita selalu balance," paparnya.

 

Namun saat disinggung masalah komunikasi dan sosialisasi dengan para pemilik bisnsi e-commerce tersebut. Rudiantara mengatakan, belum sampai ketahap itu, karena dirinya masih menunggu saat yang tepat untuk masuk ke dalam bisnis e-commerce sekalian me-review perihal bentuk peraturan yang tepat dan sesuai untuk bisnis e-commerce. 

 

Akan tetapi dirinya tetap meyakinkan masyarakat, bahwasanya Kemenkominfo akan segera menerapkan peraturan tersebut ditengah merebaknya situ-situs online asing.

 

"Nanti kita kasih tahu, untuk saat ini regulasinya seperti apa masih belum tahu. Tapi, kebijakan akan dikeluarkan. Terkait e-Commerce ini Kemenkominfo akan diskusikan dengan kementerian perdagangan," tandasnya. *** kinaya (sindo,globe journal)