Alasan KMP Lakukan Koalisi Permanen: Demi Perkuat Sistem

Alasan KMP Lakukan Koalisi Permanen: Demi Perkuat Sistem

Fahri Hamzah, Wakil Sekretaris Jenderal Partai Keadilan Sejahtera yang juga merupakan Wakil Ketua DPRRI menyatakan bahwa Koalisi Merah Putih (KMP) berusaha agar pengelolaan politik menjadi lebih sederhana. Maka dari itulah mereka melakukan koalisi permanen nantinya.

“KMP ini iktiar dan tesis untuk membangun koalisi permanen. Ini adalah sumbangan dalam mengatasi kelemahan sistem presidesialisme multi partai yang kita miliki.” ujarnya Kamis (9/10).


Ia menyatakan bahwa usaha berkoalisi ini dilakukan sebelum pemilihan presiden (pilpres) 2014. ”Jadi sebelum kita mengetahui siapa pemenang pilpres, kami sudah memiliki kesadaran membangun koalisi permanen. Kami sadar sistem presidensial multi partai, lebih banyak atau umumnya gagal seperti yang terjadi dibanyak negara-negara di Amerika Latin,” tukasnya.

Sementara itu, ia juga membantah adanya usaha penjegalan acara pelantikan pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla. Ia menyatakan bahwa DPR dan pemerintah mampu bekerjasama untuk membangun bangsa.

"Jadi kalau saya cenderung ini pada penasihat, para pembisik pemerintahan yang akan datang, Pak Jokowi-JK itu kupingnya diperbaiki sedikit. Jangan anda takut-takutin ini pemerintahan yang baru. Kami welcome beliau ini secara baik-baik," katanya (8/10).

Ia pun berjanji mendukung kebijakan Jokowi yang pro rakyat. "Yang baik dari anda kita dukung yang tidak baik tentu akan kritisi. Begitu mekanisme kita," ujarnya. "Kok ditakut takutin. Santai aja. Tenang saja kok. Siapa yang mau menolak Pak Jokowi dilantik. Enak saja," tuntasnya. ***intan (Beritasore & Tribunnews)