1 Mei Buruh Kepung Jakarta, Perhatikan Jalur Macet

1 Mei Buruh Kepung Jakarta, Perhatikan Jalur Macet

Hari Buruh Internasional (May Day) yang jatuh pada besok (1/5) akan digunakan oleh para buruh untuk menyampaikan aspirasinya. Buruh-buruh dari segala daerah pun bakal bertandang ke Jakarta. Ketua Umum DPP Serikat Pekerja Nasional (SPN) Iwan Kusmawan mengatakan bahwa para anggota nya sudah mulai berangkat ke Jakarta mulai hari ini.

“Yang dari Jawa, seperti Jatim, Jateng, Yogya. Kalau yang dari Banten dan Jabar dini hari nanti,” kata Iwan saat dihubungi CNN Indonesia, Kamis (30/4).

Besok mulai pukul 6 pagi, lanjutnya, para buruh sudah berkumpul di Bundaran HI.

“Kalau dari SPN nanti sore Laskar Nasional SPN yang berjumlah 300 orang sudah berkumpul di kantor DPP SPN,” ujar Iwan.

Iwan mengklaim anggota SPN saat ini berjumlah 300 ribu orang. Sedangkan anggota yang akan melakukan unjuk rasa sebanyak 20 ribu lebih. Anggota SPN bakal bergabung dengan buruh-buruh dari organisasi buruh yang lain.

Para buruh tersebut akan berangkat naik bus lalu melakukan demo di Bundaran HI, Istana Presiden, dan Gelora Bung Karno.

“Total estimasi kami yang demo besok ada 187 ribu buruh dari berbagai organasasi buruh,” kata dia.

Terkait tuntutan yang akan disampaikan besok, Iwan menjelaskan, adalah perubahan Komponen Hidup Layak (KHL) dari 68 item menjadi 84 item.

“Selain itu berkaitan dengan kontrak kerja outsourcing dan soal jaminan pensiun pekerja serta masalah jaminan kesehatan,” kata dia.

Sementara itu, Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Risyapudin Nursin mengatakan, jalan Sudirman-Thamrin akan ditutup selama 7 jam besok mulai pukul 06.00-13.00 WIB.

“Sesuai pertemuan Kapolda dan Gubernur, untuk mengakomodir massa buruh yang akan memperingati May Day ini, jalur Sudirman-Thamrin akan‎ ditutup dan diberlakukan seperti car free day,” jelas Risyapudin kepada wartawan di Jakarta, Kamis (30/4).

Selain itu, jalan lain juga akan ditutup, yakni Harmoni, Jalan Veteran, Jalan Medan Merdeka Barat, lampu merah Perwira, dan Tugu Tani. ***San (Cnnindonesia.com/Detik.com)