Pertumbuhan Sektor Perkantoran Jakarta Tertinggi di Asia

Pertumbuhan Sektor Perkantoran Jakarta Tertinggi di Asia

Pertumbuhan sektor ruang kantor Jakarta diperkirakan akan melanjutkan tren kenaikan. The Colliers International Asia Real Estate Forecast 2014 sebagaimana dikutip dari Indonesia Investment, merilis adanya peningkatan yang signifikan ruang kantor sewa baru di ibukota Indonesia. Dengan demikian, sektor ruang kantor di Indonesia (yang terutama berpusat di kota-kota besar seperti Jakarta dan Surabaya) menjadi pemimpin Asia dalam hal pertumbuhan ruang kantor. Namun, pertumbuhan tahun ini tidak akan sekuat pada tahun 2012 dan 2013.

 

Ferry Salanto, Associate Director Colliers di cabang Jakarta, melihat perlambatan pertumbuhan di sektor perkantoran di Indonesia pada tahun 2014 karena nilai tukar rupiah terdepresiasi tajam. Akibatnya, sejumlah pengembang properti Indonesia telah menunda proyek karena mereka ikut bergantung pada impor bahan bangunan.

 

Masih menurut Salanto, akan ada pengurangan 50 persen dalam pasokan ruang kantor baru pada tahun 2016. Karena harga properti di Indonesia (terutama Jakarta) telah meningkat tajam dalam beberapa tahun terakhir, para penyewa sudah mulai mengalihkan fokus mereka ke lokasi alternatif, yang bukan premium atau lokasi-lokasi strategis di distrik bisnis.

 

Selain itu, pasokan kantor baru di distrik bisnis cukup rendah karena sebagian besar telah dikembangkan. Meskipun ada variasi, umumnya, harga sewa kantor di Indonesia diperkirakan meningkat 3 persen pada tahun 2014.

 

Pada 2013, pertumbuhan ruang kantor Jakarta mencapai 37 persen. Dan ini diperkirakan melambat menjadi 13 persen tahun ini. Meskipun penurunan yang signifikan ini, Indonesia tetap menjadi pemimpin dalam hal pertumbuhan ruang kantor di Asia - diikuti oleh Manila.***Fey