Perayaan Tahun Baru di Shanghai Berakhir Maut

Perayaan Tahun Baru di Shanghai Berakhir Maut
theguardian

Perayaan pesta menyambut tahun baru 2015 semalam, ternyata membawa duka bagi warga Shanghai Cina. Sebanyak 35 orang tewas dan 42 orang lainya luka-luka dalam sebuah kerusuhan yang terjadi saat pesta semalam. Salah satu pihak berwenang mengungkapkan, kerusuhan tersebut terjadi diwilayah Bund di Chen Yi Square. 

 

Pada microbloging resmi milik pemerintah menuliskan, Pemerintah Shanghai telah mengadakan pertemuan darurat untuk memastikan langkah-langkah keamanan yang diambil di kota tersebut dan penyidikan perihal insiden inipun telah dimulai. 

 

Sebenarnya acara perayaan tahun baru 2015 di kawasan ini telah dikurangi, begitu tulis Shanghai Daily. Pengurangan jenis acara ini dilakukan tak lepas dari faktor keamanan yang mengkhawatirkan. Dan diperkirakan sulitnya pengendalian massa juga menjadi isu utama pengurangan tersebut.

 

Gambar-gambar yang beredar di akun jejaring milik masyarakat Cina Weibo, memperlihatkan bagaimana keadaan saat kejadian itu tejadi. Gambar-gambar tersebut menunjukkan kerumunan wargayang bersuka ria sepanjang Bund, yang berjajar dengan bangunan dari masa kejayaan pra-komunis Shanghai di tepi Sungai Huangpu.

 

Dalam beberapa foto lain nampak gambar pekerja penyelamat yang terlihat berusaha untuk menyadarkan korban tergeletak di trotoar sementara ambulans menunggu di dekatnya. 

 

Wilayah Shanghai Bund sendiri sebenarnya adalah daerah bersejarah di dekat sungai dengan ruas jalan yang sempit. Wilayah ini menjadi pusat wisata dan kerap dipenuhi atraksi di saat perayaan tahun baru dengan petunjukan laser 3D nya yang terkanal hingga mampu menarik sebanyak 300.000 orang setiap tahun nya. *** kinaya (bisnis, metro)