Pemprov Siagakan 800 Personil Antisipasi Banjir Besar Jakarta

Pemprov Siagakan 800 Personil Antisipasi Banjir Besar Jakarta

Fiskal.co.id, Jakarta – Guna mengantisipasi terjadinya banjir besar seperti yang terjadi pada 2007 dan 2013 di Jakarta, Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (PKPB) Jakarta sudah menyiapkan persiapan yang lebih matang. Tidak kurang 800 personel PKPB disiagakan jika sewaktu-waktu banjir datang menyerang. Kepala Dinas PKPB Subejo yang ditemui beberapa saat lalu di kantornya menyatakan akan menyiagakan beberapa personel tambahan di titik rawan banjir. Tidak hanya itu antisipasi peralatan pun sudah disiapkan seperti, perahu karet yang sangat dibutuhkan dalam situasi banjir.

 

Pihaknya menyatakan sudah menyiapkan 10 petugas di setiap titik pos PKPB. Petugas tersebut merupakan personil yang mempunyai tugas untuk mengawasi pergerakan banjir serta berkoordinasi dengan pihak terkait lainnya. Hal lain yang menjadi perhatian PKPB adalah dalam evakuasi warga. Karena tidak sedikit warga yang terkadang sulit dan tidak mau dievakuasi. Di sini peran pengarahan kepada masyarakat menjadi sangat penting. Perlu adanya kesadaran serta peran serta masyarakat secara langsung agar upaya penganggulangan dapat berjalan dengan baik.


Sejauh ini hampir seluruh wilayah kota Jakarta telah terendam banjir diakibatkan hujan yang turun sejak Minggu (12/1/14). Hanya beberapa bagian termasuk wilayah Jakarta Utara saja yang relative tidak terlalu terkena dampak banjir. Sedangkan daerah padat penduduk yang paling besar terkena banjir adalah wilayah Jakarta Timur dan Selatan. "Di Jakarta Barat ada di wilayah Kedoya dan Kebon Jeruk, wilayah Jakarta Pusat di Petamburan," ujar Subejo.