Mutu Pendidikan Di Indonesia Terburuk di Dunia

Mutu Pendidikan Di Indonesia Terburuk di Dunia
ilustrasi pendidikan, foto Tempo

Sebuah lembaga nirlaba internasional yang bergerak dalam bidang pendidikan, The Learning Curve Pearson baru saja merilis hasil penelitiannya yang menyatakan mutu pendidikan Indonesia kini masih sangat rendah.


Bahkan rilis tersebut juga mengkategorikan Indonesia sebagai salah satu yang terburuk dibanding 40 negara subyek penelitian yang lain.


Hasil tersebut tentunya menjadi pukulan telak, dimana pada level Asia Tenggara saja Indonesia tak bisa lebih baik dari pada negara tetangga.


Data yang resmi dikeluarkan pada Selasa (13/5/2014) tersebut menempatkan Indonesia pada rangking ke 40 yang juga merupakan level terbawah. Posisi tersebut diraih setelah Indonesia membukukan indeks rangking -1,84.


Sebelumnya penelitian serupa dari lembaga yang sama pada tahun 2012 memberikan skor -1,71 pada kategori kemampuan kognitif. Hal ini menunjukkan masih minimnya perkembangan sektor pendidikan di Indonesia secara umum.


Sedangkan untuk kriteria pencapaian pendidikan, Indonesia mendapatkan skor -2,11. Lagi-lagi nilai tersebut menempatkan Indonesia sebagai juru kunci dibawah 5 negara terbawah lainnya yakni Meksiko, Brasil, Argentina, Kolombia, dan Thailand.


Pada tahun 2012 lalu, The Learning Curve Pearson juga melakukan penelitian dan pemeringkatan serupa.


Kala itu mutu pendidikan di Indonesia juga menempati posisi terakhir bersama dua negara lain yakni Meksiko dan Brasil.


Dari data yang dirilis November 2012 tersebut kini diperbarui dengan pengambilan data terkini pada tahun 2014.


Penelitian tersebut juga tetap mempertahankan kuantitas jumlah negara yang diteliti serta indeks asli tiap negara. Semua indikator, bobot, serta sumber penelitan tetap dipertahankan untuk mencapai validitas data. ***mjd (sumber Okezone)