Menkeu Indonesia Bahas Tax Amnesty Dengan Menkeu Singapura

Menkeu Indonesia Bahas Tax Amnesty Dengan Menkeu Singapura
okezone.com

Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro mulai mengkaji untuk memberikan tax amnesty atau pengampunan pajak bagi pengusaha yang mau memulangkan dananya dari luar neheri ke Indonesia. Saat ini diperkirakan dana warga Indonesia di Singapura saja mencapai Rp.3000 triliun. 

 

"Tidak usah di dunia, di Singapura saja banyak dana orang Indonesia. Salah satu cara untuk menariknya dengan tax amnesty," ujar Bambang saat menyambangi Kantor Kompas Gramedia, Jumat (12/12) malam.

 

Namun Bambang mengungkapkan, ini bukanlah hal yang mudah, untuk memeberikan tax amnesty, pemerintah terlebih dahulu harus mengubah undang - undang pajak serta memberikan kepastian kepada penegak hukum agar tidak melakukan penindakan bagi orang-orang Indonesia tersebut.

 

Untuk mempelajari pemberian tax amnesty dan membangun kesepakatan dengan pemerintah singapura, Bambang akan bertolak ke Singapura hari ini, Senin (15/12) untuk bertemu dengan Menteri Keuangan Singapura. Keduanya akan membicarakan tentang kesepakatan yang dicapai dalam forum G-20 tentang Automatic Exchange Information.

 

"Intinya, kita mau minta Singapura terapkan kesepakatan di G-20, namanya Automatic Exchange Information, soal mempermudah kita untuk mencari data orang Indonesia di Singapura. Kalau mereka mau minta data orang mereka di Indonesia, itu juga kita kasih," paparnya. 

 

Tax amnesty sendiri adalah kebijakan pemerintah untuk memberikan insentif berupa penghapusan pajak yang seharusnya terutang dengan membayar tebusan dalam jumlah tertentu. Kebijakan itu bertujuan untuk memberikan tambahan penerimaan negara, dan memberikan kesempatan bagi wajib pajak yang tidak patuh menjadi patuh. *** kinaya (kompas)