Menantikan Kembali Jokowi "Sang Pedagang" Pada Forum Ekonomi Dunia Pekan Depan

Menantikan Kembali Jokowi "Sang Pedagang" Pada Forum Ekonomi Dunia Pekan Depan
.blackpressusa.com

Ada kesempatan yang langka sebagaimana disebutkan The Jakarta Globe pada pekan mendatang, saat lebih dari 700 eksekutif kepala perusahaan multinasional akan berkumpul di Jakarta untuk menghadiri Forum Ekonomi Dunia, (WEF) yang akan diadakan pada 19-21 April 2015.

Belang belang dari pertemuan itu sudah bisa diperkirakan, yakni kehadiran Presiden Joko "Jokowi" Widodo beserta para jajaran birokrat ekonominya yang akan membombardir pertemuan tersebut dengan peluang demi peluang berinvestasi, di mana pasar pun di sisi lain berharap pemerintah bisa lebih presisi lagi dalam menyajikan rencana mereka selama lima tahun ke depan.

Adapun, dalam diskusi yang dilaksanakan pada forum tersebut, fokusnya ada pada wilayah
Perdagangan, ketahanan pangan, pasokan energi, inklusi keuangan dan sektor kesehatan. Tapi apa yang paling paling dibutuhkan Indonesia saat ini adalah percepatan pembangunan infrastruktur.

Saat ini, perusahaan asing merasa kesulitan untuk berinvestasi karena kurangnya infrastruktur yang tetap dalam keadaan terbelakang - sebagian besar karena tindakan abai dari presiden sebelumnya karena mereka terus menerus hidup dalam trauma krisis keuangan pada tahun 1998, yang memiliki efek berkepanjangan, sejatinya krisis itu terkesan bagai peristiwa traumatis, di bandingkan peristiwa strategis.

Jokowi dalam kondisi apapun, walau secara politik sedang dirongrong dari dalam oleh partai politik, mesti dan harus mewarisi impotennya pemerintahan sebelumnya dalam masalah infrastruktur ini.

Tidak peduli seberapa keras Jokowi coba untuk mendorong ekonomi bangsa ini ke depan, Indonesia tidak bisa berkembang lebih jauh tanpa adanya pembaharuan di wilayah kereta api, jalan, bendungan dan plantasi sumber energi baru.***Red