Ketum AFI: Penunjukan Mardiasmo Sebagai Pelaksana Tugas Dirjen Pajak Krusial

Ketum AFI: Penunjukan Mardiasmo Sebagai Pelaksana Tugas Dirjen Pajak Krusial
tempo

Wakil Menteri Keuangan Mardiasmo, dilantik menjadi Pelaksana tugas sementara Direktur Jendral (Dirjen) pajak, per 1 Desember mendatang menggantikan Dirjen Pajak Fuad Rahmany yang mulai pensiun pada bulan tersebut.

 

“Ya kan satu Desember harus ada yang menjabat. sementara sampai dapat dirjen yang definitif,” kata Menteri Keuangn Bambang Brodjonegoro usai mengisi acara Euromoney Indonesia Investor Forum, Rabu (26/11/2014).

 

Langkah ini diambil oleh Menteri Keuangan (Menkeu) mengingat proses lelang Dirjen pajak sendiri baru mencapai tahap seleksi administrasi dan baru ditutup, Rabu,26/11/2014. Rencananya, tahapan seleksi lelang jabatan Dirjen Pajak ini, baru akan selesai awal tahun baru 2015.

 

Mengenai hal ini, Ketua Umum Assosiasi Fiskal Indonesia Erwin Eka Kurniawan menilai penunjukan Mardiasmo sebagai Plt sementara Dirjen Pajak sudah sesuai dikarenakan jabatan dirjen Pajak tak boleh kosong selama masa transisi.

"Kosong sedetik pun bisa merugikan negara, sebagaimana kapal di tengah badai mesti selalu ada juru mudi-nya, walau kapten kapalnya berhalangan dan tidak ada haluan kebijakan baru, arah baru. Kapal mesti ada yang mengendalikan kemudinya." Jelasnya menganalogikan.

Erwin pun menambahkan terlebih saat ini "badai fiskal" akhir tahun yang tengah dihadapi, di mana pemerintah diharapkan menggenjot pemasukan pajak yang luput dari target, dan inipun sudah ditambah upaya penghematan pemerintah.

Per september 2014 ini misalnya, penerimaan pajak baru mencapai Rp 807,2 triliun atau 64,8 persen terhadap target yang ditetapkan APBNP 2014 sebesar Rp 1 246,1 triliun.*** kinaya (bisnis, CNN)