Ketua DPR Apresiasi Pemerintahan Jokowi Terkait Eksekusi Mati Pengedar Narkoba

Ketua DPR Apresiasi Pemerintahan Jokowi Terkait Eksekusi Mati Pengedar Narkoba
liputan6.com

Hukuman eksekusi mati pengedar narkoba yang dilakukan di Indonesia, banyak menuai apresiasi dari berbagai kalangan, kali ini Ketua DPR Setya Novanto yang memberikan apresiasinya kepada pemerintahan Presiden Joko Widodo atas keputusannya untuk mengeksekusi mati terpidana narkoba. Setya menegaskan bahwa banda narkoba memang harus ditindak tegas, karena menjadi musuh utama di Indonesia bahkan di semua negara.

 

"Bandar narkoba harus dihukum mati," tegas Setya dalam pidato pembukaan diskusi 'Outlook Penegakan Hukum 2014 dan Upaya Perbaikan Kinerja di 2015", di Gedung DPR, Senayan, Jakarta Pusat, Kamis 22 Januari 2015.

 

Namun Setya juga menegaskan bahwa antara pengedar dan pengguna narkoba harus diberikan perlakuan yang berbeda, jika pengedar narkoba harus dieksekusi mati, maka pengguna narkoba bukan harus dieksekusi mati, namun harus direhabilitasi, Bukan dipenjara.

 

"Karena mereka (pengguna dan pengedar narkoba) berbeda," ungkap dia.

 

Setya mengakui, bahwa hukum mati akan akan menuai kritik dari berbagai pihak bahkan dunia internasional, hal tersebut dibuktikan dengan penarikan duta besar oleh pemerintah Belanda dan Brasil karena warganya tetap dieksekusi mati.

Namun, menurut politisi Partai Golkar itu, Beberapa hal tadi bukan menjadi halangan untuk pemerintah Indonesia melakukan sikap tegas untuk memerangi kejahatan narkotika di Negara ini, dan Indonesia pasti bisa menjelaskan ke dunia internasional terkait kedaulatan hukum yang dimiliki.

 

"Tapi memang harus dijelaskan, bahwa kita memiliki hukum yang kita jalankan sendiri," tandas Setya Novanto.***dasi(sumber: detik.com & liputan6.com)