Kebijakan Subsidi Langsung dan Tidak Langsung

Kebijakan Subsidi Langsung dan Tidak Langsung

Kebijakan subsidi adalah sebuah usaha bantuan keuangan dalam bentuk dana langsung maupun tidak langsung yang diberikan oleh sebuah badan atau pemerintah. Bantuan keuangan tersebut diberikan kepada sebuah usaha bisnis atau sektor perekonomian yang telah berjalan dan dibutuhkan oleh banyak orang. Pada umumnya pemberian bantuan tersebut dilakukan dengan tujuan untuk menolong sebuah usaha yang sedang mengalami masalah keuangan atau bisa juga digunakan agar usaha tersebut dapat menekan harga produksi yang nantinya berimbas pada daya beli masyarakat terhadap produk tersebut. Di sisi lain, kebijakan ini juga diterapkan untuk menambahkan lapangan pekerjaan yang tersedia bagi masyarakat.

 

Lebih lanjut subsidi juga dapat juga diartikan sebagai langkah proteksi terhadap barang atau jasa yang ada di dalam negeri. Proteksi ini dilakukan agar produk atau jasa yang ada di dalam negeri dapat bersaing dengan yang ada di luar negeri, dengan begitu produk tersebut bisa lebih kompetitif menghadapi persaingan global. Kebijakan subsidi yang diberikan kepada sebuah usaha bisa berasal dari pemerintah atau bisa juga berasal dari sektor privat, namun memang istilah kebijakan tersebut lebih melekat dengan keputusan yang dikeluarkan oleh lembaga pemerintahan.  

 

Jika ditinjau dari jenis nya, kebijakan tersebut dapat dibagi menjadi 2 jenis. Jenis yang pertama adalah subsidi dengan jumlah tepat dan yang kedua adalah subsidi dengan jumlah per unit produksi. Kedua jenis kebijakan tersebut mempunyai perbedaan pada cara pemberiannya. Pada jenis pertama bantuan yang diberikan langsung dalam jumlah tertentu pada waktu awal saja. Pemberian tersebut bisa dilakukan pada sebuah badan usaha sebagai dana modal atau pengembangan usaha. Sedangkan pada jenis yang kedua, pemberian bantuan dilakukan dengan cara bertahap mengikuti tiap tahap produksi. Biasanya dana tersebut diberikan sesuai masa produksi dalam kurun waktu tertentu dan diberikan terus menerus sesuai dengan persetujuan sebelumnya. Demikianlah sekilas informasi mengenai kebijakan subsidi.