Kebijakan Fiskal Ekspansif

Kebijakan Fiskal Ekspansif

Kebijakan fiskal ekspansif adalah salah satu jenis kebijakan fiskal dimana pemerintah melakukan sebuah pengubahan dengan menurunkan penerimaan pajak negara serta meningkatkan anggaran belanja negara. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk memberikan kontrol terhadap arah pertumbuhan ekonomi, dengan adanya kontrol tersebut diharapkan pertumbuhan ekonomi dapat berangsut membaik. Dalam proses pelaksanaannya, kebijakan fiskal tersebut memang akan cukup sulit dilakukan untuk mengatasi permasalah ekonomi yang sudah terlampau luas. Namun kebijakan sistem ekspansif dapat menjadi solusi yang baik untuk mempertahankan keadaan ekonomi yang sedang mengalami penurunan.

 

Dalam pelaksanaan kebijakan tersebut pemerintah hanya akan melakukan perubahan pada jumlah penerimaan, yang dalam hal ini adalah pajak negara, dan pengeluaran negara jika memang muncul kondisi kontraksional gap. Kontraksional gap sendiri merupakan sebuah keadaan ekonomi dimana jumlah output actual tengah memiliki jumlah yang lebih rendah dari output potensial atau YF. Pada kondisi ini, daya beli masyarakat akan cenderung melemah dan diperlukan stimulus dari pemerintah agar kemampuan daya beli rakyat bisa kembali stabil. Dengan adanya kebijakan fiskal ekspansif melalui pengubahan jumlah pendapatan pajak yang dikurangi serta pengeluaran anggaran belanja negara yang dinaikan, maka negara bisa menyesuaikan kondisi keuangan negara dengan lebih fleksible melihat keadaan ekonomi saat itu.

 

Jika melihat penerapannya saat ini, menurut seorang pengamat ekonomi, Johshua Pardede menyatakan bahwa secara umum nampaknya kebijakan ekspansif telah memberikan pengaruh yang cukup baik terhadap perekonomian pada tahun 2013. Hal ini ditunjukkan oleh membaiknya defisit hingga 1,65% dari nilai PDB (produk domestik bruto). Kebijakan yang telah diterapkan nyatanya dapat membantu meningkatkan alur perekonomian tahun lalu, dan pada tahun 2014 kebijakan dengan menaikan rasio pajak akan mulai dilakukan. Hal ini menunjukkan adanya pengaruh yang cukup baik dari penerapan kebijakan fiskal ekspansif.