JP Morgan : Indonesia Hadapi Pelarian Modal Dengan Postur Lebih Kuat Dari 1998

JP Morgan : Indonesia Hadapi Pelarian Modal Dengan Postur Lebih Kuat Dari 1998
browse

Aksi jual mata uang (dan ekuitas) regional Asia baru-baru ini pasar menimbulkan pertanyaan apakah benar ada krisis yang lebih luas, yang sama dibandingkan dengan periode sebelum tahun 1997.

Karena sama seperti indikasi yang terjadi saat ini, ada beberapa babakan krisis Asia yang
ditandai dengan peningkatan permintaan domestik yang mendorong FAI, menyempit giro, dan peningkatan rasio pinjaman / deposito di seluruh wilayah yang signifikan.

Bahkan saat ini, baik FAI / GDP rasio pinjaman & / deposito ada pada tingkat tertinggi sejak Krisis Asia 1997, yang mendukung sekian banyak pandangan bahwa Asia ini telah mencapai titik perubahan kualitas aset & pertumbuhan yang negatif.

Tapi ada fakta lain yang membedakan. Signifikan atau tidak, faktor pembeda tetap pembeda.
Utang perusahaan eksternal misalnya jauh hari lebih rendah dari pra 1997 cadangan devisa dan PDB lebih besar, sejalan dengan tumbuhnya kelas menengah baru di negara Asia Tenggara yang berbasis konsumsi domestik. Asia hampir dua puluh tahun lalu, adalah Asia yang berbeda.

Kurang ketergantungan pada dana asing secara umum memperlihatkan kinerja CAD yang lebih berprestasi yang rerata 3-5% dari PDB.



Di sisi negatif, kredit swasta / PDB adalah 29% lebih tinggi hari ini di Asia dari tahun 1996, seperti yang ditunjukkan pada tabel pertama di sebelah kanan. Sekali lagi, sebagian besar leverage outsized duduk di Asia Utara, yang berjalan surplus akun arus besar, dan memiliki kemampuan untuk mengimbangi arus keluar; yang mengatakan, bahkan di dalam ASEAN, leverage tidak semua yang lebih rendah di Thailand (131% hari ini vs 158% pada tahun 1996) dan Malaysia (128% vs 151%). Kedua, ketika kita melihat saluran antar bank khusus, pinjaman Bank eksternal relatif tinggi vs 1996, dan ini tetap menjadi salah satu saluran yang adalah yang pertama untuk menderita derisking & deleveraging - tema kunci dari laporan ini. Akhirnya, kami akan menambahkan bahwa tidak seperti tahun 1998, The Fed mungkin dalam waktu kurang dari posisi untuk bertindak sebagai pemutus sirkuit untuk arus keluar. Pada tahun 1998, Greenspan menurunkan suku bunga 3 kali, dari 5,50% menjadi 4,75%, membantu meredakan krisis EM - tetapi dalam kasus ini, tingkat kenaikan Fed mungkin hanya akan tertunda harus EMS melemah - yang hampir tidak outlet ke de- mendasari mempertaruhkan & deleveraging.