Jakarta Dinamai sebagai Kota Terjelek di RI

Jakarta Dinamai sebagai Kota Terjelek di RI
waspada.co.id

Jakarta dinobatkan sebagai kota terjelek di Indonesia oleh Pusat Studi Perkotaan Desain (PSUD), mengutip pembangunan perkotaan yang miskin dan kurangnya keindahan visual.

Kepala PSUD Mohammad Danisworo mengatakan bahwa karena perencanaan kota yang buruk dan infrastruktur transportasi yang tidak memadai, ibu kota muncul dengan sendirinya sebagai tempat kacau dan disfungsional yang mempengaruhi kualitas kehidupan warga.

"Kota ini tidak berfungsi dengan baik. Misalnya, dibutuhkan dua jam hanya untuk perjalanan 5 kilometer di sepanjang jalan. Dengan kondisi kacau ini, Jakarta dipandang sebagai kota yang tidak dapat berfungsi dengan baik," kata Danisworo baru-baru ini.

Selain itu, ia mengatakan bahwa kota harus fokus pada faktor estetika sederhana untuk membantu meningkatkan aksesibilitas bagi warga dan pengunjung.

"Hal-hal kecil, seperti taman, sampah kaleng, papan penunjuk jalan, atau lalu lintas tanda-tanda bahkan tidak tersedia secara memadai di kota, sehingga membingungkan bagi warga. Kota ini telah menjadi jelek karena masalah-masalah kecil yang menumpuk," lanjutnya.

Selain masalah dengan perencanaan kota, Jakarta harus juga meningkatkan perencanaan lingkungan untuk membuat kota lebih menarik secara visual.

Dia, bagaimanapun, memuji keputusan pemerintah Jakarta untuk akhirnya membangun system transportasi yang banyak diantisipasi, Mass Rapid Transit (MRT).

"Jika Jakarta mengikuti orientasi transit dan pengembangannya, maka akan dapat meningkatkan hubungan ke daerah yang lebih besar. Dengan demikian, lalu lintas dan sirkulasi populasi akan lebih terorganisir dan kepadatan Jakarta tidak akan terkonsentrasi di satu area," tambahnya. ***intan (Sumber: The Jakarta Post)