Inilah 2 Sosok Suksesor WTO Bali

Inilah 2 Sosok Suksesor WTO Bali

Fiskal.co.id, Jakarta – Di balik prestasi besar yang ditorehkan Indonesia dalam ajang Konferensi Tingkat Menteri WTO kemarin, terdapat 2 sosok tokoh yang berhak mendapatkan apresiasi lebih. Mereka adalah Gita Wirjawan dan Roberto Azevedo.

Konferensi WTO Bali yang baru saja berakhir pekan lalu tersebut bisa dikatakan sebagai salah satu rapat WTO yang paling panas dan seakan-akan sulit mencapai kata sepakat. 

Namun tidak dengan 2 tokoh tersebut, Gita Wirjawan yang menjabat sebagai Chairman WTO dan Roberto Azevedo yang menjadi Dirjen WTO yakin bahwa kesepakatan tetap dan harus bisa dicapai dalam gelaran kali ini.

Menurut Wakil Menteri Perdagangan, Bayu Krisnamurthi yang ditemui di Kantor Kementerian Perdagangan pada Jumat (13/12/2013) lalu berpendapat bahwa kedua tokoh tersebut layak disebut sebagai tokoh kunci suksesnya sidang WTO Bali. Tidak hanya dengan kapasitas dan kemampuannya mengatur jalannya sidang, namun mereka bisa menjadi kombinasi jembatan pemersatu pandangan banyak negara peserta.

Efeknya pun Indonesia mendapatkan kredit poin positif dari beberapa negera besar. "Indonesia disegani Amerika, Jepang, Eropa sebagai tuan rumah. Kombinasi ini bagus dan akhirnya dicapai," tambah Bayu.

Dengan tercapainya kata sepakat konferensi WTO Bali, nampaknya akan menjadi babak baru perbaikan ekonomi global. Tidak hanya negera miskin dan berkembang saja, namun negara maju pun merasa hasil Paket Bali bisa membawa keuntungan bersama. [mjd]