Indonesia Kembali Remajakan Alat Tempur

Indonesia Kembali Remajakan Alat Tempur

Upaya TNI AU menjadikan Indonesia kuat di udara tidak main main. Setelah mencoba berkerjasama dengan Republik Demokrasi Korea Selatan, dalam hal pengembangan jet tempur KF-X/I-FX yang akan mulai diproses pada 2019. Kini TNI AU, sebagaimana yang diungkap oleh Menteri pertahanan sedang mempertimbangkan untuk segera membeli dan mengudarakan Sukhoi Su-35, pesawat tempur Rusia sebagai pengganti pesawat F-5 Tiger jet yang seharusnya telah lama di dekomisi.

 

Su-35 adalah salah satu dari setengah lusin pilihan di atas meja, Menteri Pertahanan dan Keamanan Purnomo Yusgiantoro dalam konferensi pers,  Selasa (07/01/2014).

 

Alternatif lain yang hendak di pilih juga termasuk produk lawas Amerika Serikat, dari pabrikan McDonnell-Douglas F-15 Eagle, dan General Dynamic F-16 Fighting Falcon, atau melirik alat tempur Eropa seperti SAAB JAS 39 Gripen dari Swedia, kata Panglima Angkatan Bersenjata, Jenderal Moeldoko.

 

“Departemen Pertahanan Indonesia memang ingin segera membeli 16 jet tempur (1 skuardon) baru antara tahun 2015 dan 2020 untuk menggantikan F-5, yang telah bekerja selama tiga dekade,” ujar Ida Bagus Putu Dunia Kepala Staf Angkatan Udara.

 

Sebelumnya TNI AU juga telah diberitakan mengambil ancang ancang peremajaan alat tempur sejak akhir tahun 2013. “Saat ini kami masih mempelajari dan menghitung rencana untuk memperkuat pertahanan kita di perairan." ujar Panglima TNI di Jakarta, Minggu. 29/12/2013.

 

 

Indonesia juga mempertimbangkan untuk membeli beberapa kapal selam kelas diesel-listrik dari Rusia.  “Akan lebih bagus lagi jika kita bisa mendapatkan kapal selam Kilo Class, yang memiliki peluru kendali dengan jangkauan tembak yang jauh” Tambahnya.

 

Terhitung peremajaan alat tempur udara di mulai dari tahun 2003, ketika Indonesia membeli secara bertahap pesawat tempur dari Rusia lima Su-27SKM dan 11 jet tempur Su-30MK2.Hubungan erat dengan Russia ini terjalin, ketika Alutista TNI diembargo oleh AS, karena beberapa kebijakan yang berkaitan dengan HAM.***Fey