Enam Tujuan Kebijakan Ekonomi Pemerintah

Enam Tujuan Kebijakan Ekonomi Pemerintah

Tujuan kebijakan ekonomi pemerintah adalah tujuan yang diharapkan pemerintah dapat tercapai melalui berbagai usaha peningkatan serta perbaikan ekonomi negara. Tujuan-tujuan tersebut merupakan implementasi dari amanat perundangan yang berlaku dan harus dipenuhi oleh pemerintah. Secara umum terdapat 6 tujuan kebijakan yang menjadi fokus pemerintah. Pertama, mewujudkan pertumbuhan ekonomi yang tinggi. Dalam hal ini tentunya menjadi hal yang sangat penting agar pertumbuhan ekonomi negara bisa tetap terjaga bahkan semakin meningkat setiap tahunnya. Karena kenaikan pertumbuhan ekonomi juga dapat dinilai sebagai variable kesuksesan sebuah pemerintahan.

 

Kedua adalah mewujudkan keadaan ekonomi yang stabil. Tujuan tersebut dapat tercapai dengan adanya kestabilan antara pendapatan negara dan pengdayagunaan tenaga kerja yang optimal. Tujuan kebijakan ekonomi pemerintah yang ketiga adalah menghindari dari terjadi resiko inflansi. Inflansi merupakan keadaan yang sangat berbahaya terhadap perekonomian negara sehingga pemerintah dengan berbagai kebijakanya berusaha untuk mencegah hal tersebut dan mengurangi dampak yang ditimbulkannya. Yang keempat adalah mengoptimalkan potensi tenaga kerja yang ada. Tujuan ini merupakan hal yang sangat strategis karena pada kenyataannya saat ini tenaga kerja yang ada di Indonesia masih belum bisa terserap dengan maksimal. Kurangnya lapangan pekerjaan serta potensi lapangan kerja yang minim menjadikan banyak pengangguran. Efeknya tentunya akan mengganggu perekonomian secara tidak langsung.

 

Tujuan yang kelima adalah  mencegah agar tidak terjadinya defisit pada neraca pembayaran. Hal ini membutuhkan kebijakan pemerintah yang benar-benar efektif dalam mengontrol adanya pengeluaran serta pendapatan yang diterima oleh negara di sektor keuangan. Pengeluaran negara yang membengkak dapat memicu terjadinya defisit anggaran neraca pembayaran. Dan tujuan yang terakhir adalah adanya pemerataan dan keadilan pada pembangunan. Dengan adanya pemerataan yang baik maka tidak hanya dampak ekonomi yang dirasakan namun juga dampak sosial nantinya bisa juga diraih dengan baik. Demikianlah informasi mengenai tujuan kebijakan ekonomi pemerintah.