Apple Pindahkan Bisnis Berkeuntungan 9 Milyar USD dari Australia ke "Surga Pajak" Irlandia

Apple Pindahkan Bisnis Berkeuntungan 9 Milyar USD dari Australia ke "Surga Pajak" Irlandia

Perusahaan teknologi raksasa AS Apple telah memindahkan hampir $ 9 miliar pada keuntungan yang belum dipajakkan dari operasi Australia ke surga pajak Irlandia dalam 10 tahun terakhir, demikian laporan media sebagaimana dikutip news.com.au.

 

Fairfax Media mengklaim telah memperoleh nilai satu dekade rekening keuangan untuk Apple Sales International, perusahaan yang berada di Irlandia untuk pusat pengaturan pajak internasional Apple.

 

Rekening mengungkapkan adanya mark-up biaya Apple untuk kekayaan intelektual pada produk global, dilaporkan oleh Australian Financial Review.

 

Tahun lalu, Apple melaporkan laba sebelum pajak di Australia hanya $ 88.5 juta setelah mengirim sekitar $ 2 miliar dari laba penjualan di Australia ke Irlandia melalui Singapura, dimana Apple merundingkan kesepakatan rahasia pajak pada tahun 2009, katanya.

 

Apple Sales International telah melaporkan lebih dari $ US100 miliar laba dalam lima tahun terakhir, tetapi rekening yang menunjukkan itu dibayar kurang dari 50 sen pajak pada setiap $ 1.000 dari pendapatan, kata AFR.

 

Laporan itu muncul setelah bulan lalu kelompok 20 menteri keuangan melakukan pertemuan yang memutuskan bahwa pada bulan November ekonomi top dunia akan mulai memberikan langkah-langkah yang efektif dan praktis untuk melawan penghindaran pajak.

 

Anggota G20 berharap untuk memulai secara otomatis bertukar informasi mengenai hal-hal pajak dari tahun 2015.

 

Senator independen Nick Xenophon kata laporan menunjukkan Apple bertindak "busuk" dan pemerintah harus bertindak segera.

 

"Ketika harus membayar pajak, tampaknya Apple ini busuk," kata Senator Xenophon wartawan di Canberra, Kamis (6/3/2014). (IMS)