Apa itu Pajak Regresif?

Apa itu Pajak Regresif?
Jamaicatax

Di dunia bebas modern, pajak dikumpulkan melalui sistem perpajakan yang adil seperti sistem pajak progresif. Ada satu system yang lebih jarang terdengar, yakni pajak regresif. Sistem ini merupakan salah satu sistem tertua dan cukup erat kaitannya dengan pajak tetap.

Pajak regresif sedikit lebih kejam dari pajak tetap, bagaimanapun, di kasus-kasus tertentu membuat penggunaannya tak terelakkan.


Definisi dan Konsep

Pajak regresif adalah pajak dimana tingkat kenaikan pajak sebagai subyek pajak terus menurun dan tingkat pajak terus menurun walaupun subyek pajak terus meningkat. Kedengarannya memang agak tidak adil. Jenis sistem pajak penghasilan ini memang agak berbeda.

Dalam dunia sekarang ini, sistem perpajakan ini digunakan untuk tujuan promosi seperti agar masyarakat lebih banyak menggunakan produk ramah lingkungan sehingga mengurangi kewajiban pajak.

Dengan efek sistem perpajakan ini mempromosikan dan juga menghasut beberapa reformasi yang baik. Terlepas dari ukuran promosi, kejadian perpajakan multi-point, penjualan produk tidak etis tapi legal, dan hal-hal yang dianggap tidak layak dan menimbulkan sedikit ancaman bagi masyarakat, dikenakan pajak regresif.

Mekanisme sistem perpajakan ini sama seperti sebelumnya, yaitu tarif pajak yang dikenakan sesuai subjek. Berikut adalah contoh. Harap dicatat bahwa contoh adalah hipotetis.

X adalah perusahaan yang memproduksi propana bermutu tinggi, bahan bakar ramah lingkungan. Untuk setiap 10 kaleng propana yang dijual, perusahaan akan dikenakan 15% pajak per kaleng, sampai mencapai batas 5.000 kaleng.

Setelah batas pajak ini, tagihan yang dikenakan akan menjadi 11% per kaleng penjualan mencapai 7.500 kaleng. Setelah batas ini, pajak 7,5% akan dikenakan per kaleng.

Seperti disebutkan di atas, pajak ini bukan untuk pajak penghasilan. Ini adalah pajak untuk mempromosikan perubahan yang lebih baik dalam masyarakat. ***int (Sumber: Buzzle)