Anggaran Kementrian Dipangkas Hingga 30% untuk Menghemat APBN

Anggaran Kementrian Dipangkas Hingga 30% untuk Menghemat APBN
Djoko Kirmanto, foto Republika

Sebagai dampak adanya pembaruan Anggaran Penerimaan dan Belanja Negara (APBN) pada APBN-P 2014, semua kementerian nantinya akan dipangkas anggarannya. Tak terkecuali kementrian yang paling banyak membutuhkan anggaran yaitu Kementrian Pekerjaan Umum (PU). Dikabarkan pemotongan anggaran Kementrian PU mencapai 30 persen.


Terkait dengan rencana tersebut, Menteri PU Djoko Kirmanto menyatakan akan menerima keputusan pemerintah dengan sebaik-baiknya.


"Ya tidak boleh ada kementerian yang tak mau dipotong anggarannya," ujar Djoko pada Jumat (16/5/2014).


Dengan adanya pemangkasan tersebut kemungkinan beberapa proyek infrastruktur bakal ditunda penyelesaiannya hingga anggaran terbaru cair.


Joko menambahkan kemungkinan proyek proyek yang tertunda tersebut akan dilanjutkan kembali tahun depan. "Proyeknya kita undur sampai tahun depan," ungkap Djoko.


Dari APBN tahun 2014 yang telah ditetapkan sebelumnya, Kementrian PU mendapatkan dana anggaran sebesar Rp 84,14 triliun yang diperuntukkan pembangunan infrastruktur.


Beberapa proyek yang digarap Kementrian PU antara lain peningkatan kemantapan jalan yang dicanangkan hingga 94 persen dari sebelumnya 92,95 persen di tahun 2013.


Selain itu, kementrian juga sedang membangun tujuh konstruksi waduk, salah satunya waduk Jatigede di Jawa Barat.


Proyek lainnya yakni terkait Milenium Development Goals (MDG's) dalam hal pemenuhan kebutuhan air minum yang diharapkan dapat naik hingga 68,7 persen hingga 2015 mendatang. *** (sumber Tribunnews)