Alat Kebijakan Fiskal

Alat Kebijakan Fiskal
Canstockphotos

Kebijakan fiskal sangat penting bagi bangsa apapun karena kebijakan ini yang menentukan cara pemerintah dalam menggunakan pendapatan dan belanja mereka secara efektif untuk meningkatkan pendapatan dan produktivitas total. Tujuan utama di balik kebijakan ini adalah memperkuat posisi ekonomi dan meningkatkan laju pertumbuhan yang pada gilirannya akan membawa kesejahteraan bagi bangsa.

 

Berikut ini adalah fitur mencolok dari kebijakan fiskal:

  • Mobilisasi sumber daya merupakan salah satu tujuan dasar dari kebijakan fiskal di mana tingkat investasi perlu ditingkatkan
  • Sumber yang dimobilisasi harus digunakan untuk mencapai tingkat produktivitas yang tinggi akan sendirinya mempercepat pertumbuhan ekonomi suatu negara
  • Konsentrasi kekayaan selalu menjadi masalah utama bagi sebagian besar orang yang memiliki standar hidup rendah.
  • Kebijakan fiskal memungkinkan otoritas pemerintah untuk mengendalikan situasi ekonomi pada saat inflasi dan deflasi

 

Sikap kebijakan fiskal ditentukan oleh pemerintah untuk memutuskan metode mana yang sesuai dan terbaik untuk mencapai sasaran inflasi dan pengendalian deflasi, pekerjaan, meningkatkan pendapatan nasional dan meningkatkan lapangan kerja.

 

Sikap netral ditandai ekonomi yang seimbang dan stabil, menghasilkan pendapatan besar dalam bentuk pajak bagi pemerintah. Sedangkan sikap ekspansif adalah ketika belanja pemerintah lebih besar dari pendapatan yang dihasilkan dari pajak. Kemudian sikap kontraksi adalah saat belanja pemerintah lebih rendah dibandingkan dengan pendapatan yang dihasilkan dari pajak.

 

Alat Dasar Fiskal

Kebijakan fiskal diskresioner dan stabilisator otomatis adalah alat fiskal utama yang digunakan untuk meningkatkan kondisi ekonomi secara keseluruhan.

 

Kebijakan Fiskal Diskresioner

Hal ini merupakan perubahan dalam pengeluaran pemerintah, transfer dan perpajakan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi makro dengan cepat, mengalahkan inflasi, dan meningkatkan lapangan kerja secara keseluruhan.

 

Stabilisator Otomatis

Stabilisator otomatis adalah fitur-fitur belanja atau pengeluaran pemerintah yang bertujuan untuk meminimalkan perubahan pendapatan. Stabilisator ini diatur oleh perubahan dalam kebijakan pembelian pemerintah. ***int (Sumber: Buzzle)